Cart is empty!

Please add some product!

SELAMAT DATANG DI BENGKEL MOBIL TJM AUTOCARE, DAPATKAN SPESIAL 10 PROMO GRATIS SENILAI 2 JUTA RUPIAH DAN SERVICE MOBIL DENGAN PENGERJAAN TERBANYAK HANYA DI TJM AUTOCARE

Hallo sobat TJM apa kabar nih..? Salam pasti ngacir untuk kalian. Pompa bensin (fuel pump) adalah salah satu bagian terpenting pada mobil yang berfungsi sebagai alat bantu untuk memompa bensin. Komponen ini berguna untuk menstabilkan laju pada kendaraan yang kita kendarai. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai pompa bensin mobil berdasarkan jenis kendaraannya.

Berikut Adalah Fungsi Pompa Bensin Mobil Berdasarkan Jenis Kendaraan

Yuk Ketahui Pompa Bensin Mobil Berdasarkan Jenis
Yuk Ketahui Pompa Bensin Mobil Berdasarkan Jenis
Fungsi Secara Umum

Seperti yang sudah kita singgung di atas, fungsi fuel pump secara umum adalah untuk memompa bahan bakar. Komponen ini akan memompa bahan bakar dari tangki penyimpanan menuju ruang pembakaran. Setelah itu bahan bakar tersebut akan di rubah menjadi energy yang akan membuat mesin dari kendaraan menyala. Pompa bensin mobil secara umum fungsinya sama, hanya saja proses pengaliran bahan bakar akan berbeda-beda sesuai dengan jenis kendaraannya.

Fungsi pompa bensin mobil jenis karburator & Injeksi

Pada jenis ini, pompa bensin langsung mengalirkan bahan bakar bensin menuju bagian karburator. Sedangkan injeksi, pompa bensin ini berfungsi sebagai komponen yang bertugas untuk memompa bahan bakar bensin dari tangki menuju injektor.

Baca juga : Ketahui Cara Cas Aki Mobil Dengan Mudah

Inilah Ciri-Ciri Pompa Bensin Mobil Yang Mengalami Kerusakan

  • Mobil menjadi susah saat di-starter atau dinyalakan
  • Bagian lampu indikator injeksi mobil terlihat berkedip-kedip
  • Suara pada pompa mobil saat di nyalakan menjadi lemah
  • Mesin mobil menjadi brebet
  • Terdapat bau bensin yang menyengat keluar dari knalpot
  • Sekring pada pompa bensin gosong

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Terjadi Kerusakan Pada Pompa Bensin Mobil?

  • Hubungkan fuel pump pressure gauge secara seri ketika mobil dalam keadaan mati

Perhatian untuk sobat TJM. Saat kamu hendak memperbaiki pompa bensin, sebaiknya di lakukan dalam keadaan pasokan bahan bakar bensin yang rendah. Pertama-tama kita harus memastikan kondisi mobil dalam keadaan mati, kemudian lepas kunci selang yang menghubungkan antara bagian injektor dan fuel. Kemudian hubungkan bagian fuel pump pressure gauge tersebut. Setelah itu, susun bagian ini secara seri atau bisa juga dengan cara di bolak balik. Susunlah secara tepat, lalu nyalakan mobil anda dengan perlahan.

  • Periksa tekanan angka yang tertera dan standby

Jika temen-temen belum tau, saat jarum menunjukan angka antara 2 atau 3 kpa, maka kondisi pompa mobil tersebut dapat dipastikan aman. Tetapi, jika jarum menunjukan angka pergerakan pada angka yang tinggi, kisaran 100 atau 200 kpa, maka sudah dapat dipastikan bahwa kondisi pompa bensin mengalami permasalahan.

  • Lakukan pengecekan dan servis rutin

Nah yang terakhir ini, adalah hal yang mesti di lakukan bagi setiap pengendara. Bawalah mobil sobat ke bengkel yang terpercaya. Mobil yang kita kendarai harus di-service secara berkala agar tidak terjadi kerusakan terutama pada bagian pompa dan lainnya. Yuk servis mobil anda di TJM Auto Care, karena kami telah di percaya oleh lebih dari 16.000 konsumen. Jika penasaran apa saja promo yang kami tawarkan, yuk cek ig kami di @tjmautocare. Dan lakukan konsultasi terhadap bengkel kami di 0851-5692-3481.

1 Comment

  • March 29, 2022

    Ketahui Cara Mengatasi Mobil Berat Saat Di Gas - TJM Auto Care

    […] Baca juga : Yuk Ketahui Pompa Bensin Mobil Berdasarkan Jenis […]

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *